Wanna See

Selasa, 29 Oktober 2013

Bahasa Pemrograman Pascal

















Pascal merupakan bahasa pemrograman yang cara penulisannya sangat dekat dengan cara penulisan algoritma structur english. Bagi yang sudah memahami algoritma, pascal  akan sangat mudah untuk dimengerti.

Pascal itu sendiri bukanlah nama dari sang pembuat, karena yang membuat bahasa pemrograman Pascal adalah Nicklus Wirth. Sedangkan nama “PASCAL” diambil dari nama seorang ahli matematika Blaise Pascal yang berasal dari perancis, karena sudah membuat mesin hitung.

Bahasa Pascal termasuk bahasa pemrograman tingkat tinggi (High Level), yaitu pemrograman yang menggunakan bahasa yang sudah dapat dimengerti oleh manusa. Selain itu, termasuk bahasa pemrograman tersktuktur, sehingga penulisan coding-nya harus beurutan dari awal sampai akhir.

Kelebihan bahasa pascal adalah:

Tipe Data Standar, tipe data yang digunakan familiar juga dibahasa pemrograman yang lain. Sehingga tidak akan terlalu sulit dan tidak harus mengenal lagi tipe data yang baru.
User defined data type, programmer dapat membuat tipe data baru yang merupakan turunan dari tipe data standar yang sudah ada.
Strongly-typed, programmer harus menentukan tipe data dari sebuah variabel dan variabel tersebut tidak dapat diisi oleh tipe data yang lain.
Terstruktur, penulisan program dapat dipecah-pecah menjadi fungsi-fungsi kecil yang dapat dipanggil berulang-ulang.
Sederhana dan Ekspresif, bahasa yang mendekati bahasa manusia ( Bahasa Inggris) sehingga dapat mudah dimengerti.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar