Wanna See

Selasa, 29 Oktober 2013

ANDROID

Android dipuji sebagai "platform mobile pertama yang lengkap, terbuka dan bebas".
  • Lengkap (Complete Platform): Para programmer dapat melakukan pendekatan yang komprehensif ketika sedang mengembangkan platform Adroid. Android menyediakan banyak tools dalam membangun software dan memungkinan pengembangan aplikasi.
  • Terbuka (Open Source): Platform Android disediakan melalui lisesensi open source. Pengembang dapat dengan bebas untuk mengembangkan aplikasi. Android menggunakan Kernel Linux 2.6.
  • Bebas(Free Platform): Android adalah platform yang bebas untuk dikembangkan. Tidak ada biaya royalti untuk mengembangkan aplikasi dengan platform Android.
Android merupakan generasi baru platform mobile yang memberikan pengembang melakukan pengembangan sesuai yang diharapkannya. Sistem operasi yang mendasari Android dilisensikan di bawah GNU, General Public License Versi 2 (GPLv2), yang dikenal dengan istilahcopyleft

Pengembang aplikasi memiliki beberapa pilihan IDE (Integrated Development Environment)ketika membuat aplikasi Android, seperti NetBeans dan Eclipse dengan lisensi free. IDE yang paling banyak digunakan untuk membuat aplikasi Android adalah Eclipse.


Android berbasis bahasa pemrogrman JAVA yang terkenal paling bagus dan banyak digunakan untuk mengembangkan aplikasi mobile. Android sendiri dapat berjalan di sistem operasi :
  • Windows
  • Mac OS X
  • Linux
The Dalvik Virtual Machine (DVM)
Adalah komponen penting dari Android. Seperti halnya JAVA yang membutuhkan Java Virtual Machine (JVM) agar aplikasi JAVA dapat berjalan, Android juga membutuhkan DVM agar aplikasi Android dapat dieksekusi oleh perangkat keras, dengan kata lain pada perangkat keras yang akan menjalankan aplikasi Android harus terinstal DVM di dalam perangkat keras tersebut.

Android Software Development Kit (SDK)
Dengan adanya SDK, programmer tidak perlu susah payah membuat coding- coding dari nol, karena SDK sudah menyediakan fungsi- fungsi dan komponen yang sering digunakan untuk mengembangkan aplikasi Android. SDK Android dapat didownload melaluihttp://developer.android.com/sdk/index.html.

Android Development Tool (ADT)
ADT adalah plugin yang didesain untuk IDE Eclipse. Dengan ADT mempermudahkan kita untuk membuat aplikasi Android misalnya dalam membuat Graphical User Interface (GUI) aplikasi, menambahkan komponen- komponen yang lainnya. Dengan menggunakan ADT untuk menambahkan komponen kita hanya perlu drag and drop, tidak perlu melakukan coding untuk menambahkan komponen yang kita inginkan. Dengan ADT kita juga dapat melakukan pembuatan package Android (.apk) yang digunakan untuk distribusi aplikasi Android. ADT sudah di bundle dengan Eclipse, sehingga setelah mendownload program ini, Anda siap untuk memulai membuat aplikasi Android. ADT dapat didownload melaluihttp://developer.android.com/tools/sdk/eclipse-adt.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar