Wanna See

Selasa, 29 Oktober 2013

ANDROID

Android dipuji sebagai "platform mobile pertama yang lengkap, terbuka dan bebas".
  • Lengkap (Complete Platform): Para programmer dapat melakukan pendekatan yang komprehensif ketika sedang mengembangkan platform Adroid. Android menyediakan banyak tools dalam membangun software dan memungkinan pengembangan aplikasi.
  • Terbuka (Open Source): Platform Android disediakan melalui lisesensi open source. Pengembang dapat dengan bebas untuk mengembangkan aplikasi. Android menggunakan Kernel Linux 2.6.
  • Bebas(Free Platform): Android adalah platform yang bebas untuk dikembangkan. Tidak ada biaya royalti untuk mengembangkan aplikasi dengan platform Android.
Android merupakan generasi baru platform mobile yang memberikan pengembang melakukan pengembangan sesuai yang diharapkannya. Sistem operasi yang mendasari Android dilisensikan di bawah GNU, General Public License Versi 2 (GPLv2), yang dikenal dengan istilahcopyleft

Pengembang aplikasi memiliki beberapa pilihan IDE (Integrated Development Environment)ketika membuat aplikasi Android, seperti NetBeans dan Eclipse dengan lisensi free. IDE yang paling banyak digunakan untuk membuat aplikasi Android adalah Eclipse.


Android berbasis bahasa pemrogrman JAVA yang terkenal paling bagus dan banyak digunakan untuk mengembangkan aplikasi mobile. Android sendiri dapat berjalan di sistem operasi :
  • Windows
  • Mac OS X
  • Linux
The Dalvik Virtual Machine (DVM)
Adalah komponen penting dari Android. Seperti halnya JAVA yang membutuhkan Java Virtual Machine (JVM) agar aplikasi JAVA dapat berjalan, Android juga membutuhkan DVM agar aplikasi Android dapat dieksekusi oleh perangkat keras, dengan kata lain pada perangkat keras yang akan menjalankan aplikasi Android harus terinstal DVM di dalam perangkat keras tersebut.

Android Software Development Kit (SDK)
Dengan adanya SDK, programmer tidak perlu susah payah membuat coding- coding dari nol, karena SDK sudah menyediakan fungsi- fungsi dan komponen yang sering digunakan untuk mengembangkan aplikasi Android. SDK Android dapat didownload melaluihttp://developer.android.com/sdk/index.html.

Android Development Tool (ADT)
ADT adalah plugin yang didesain untuk IDE Eclipse. Dengan ADT mempermudahkan kita untuk membuat aplikasi Android misalnya dalam membuat Graphical User Interface (GUI) aplikasi, menambahkan komponen- komponen yang lainnya. Dengan menggunakan ADT untuk menambahkan komponen kita hanya perlu drag and drop, tidak perlu melakukan coding untuk menambahkan komponen yang kita inginkan. Dengan ADT kita juga dapat melakukan pembuatan package Android (.apk) yang digunakan untuk distribusi aplikasi Android. ADT sudah di bundle dengan Eclipse, sehingga setelah mendownload program ini, Anda siap untuk memulai membuat aplikasi Android. ADT dapat didownload melaluihttp://developer.android.com/tools/sdk/eclipse-adt.html

Bahasa Pemrograman Pascal

















Pascal merupakan bahasa pemrograman yang cara penulisannya sangat dekat dengan cara penulisan algoritma structur english. Bagi yang sudah memahami algoritma, pascal  akan sangat mudah untuk dimengerti.

Pascal itu sendiri bukanlah nama dari sang pembuat, karena yang membuat bahasa pemrograman Pascal adalah Nicklus Wirth. Sedangkan nama “PASCAL” diambil dari nama seorang ahli matematika Blaise Pascal yang berasal dari perancis, karena sudah membuat mesin hitung.

Bahasa Pascal termasuk bahasa pemrograman tingkat tinggi (High Level), yaitu pemrograman yang menggunakan bahasa yang sudah dapat dimengerti oleh manusa. Selain itu, termasuk bahasa pemrograman tersktuktur, sehingga penulisan coding-nya harus beurutan dari awal sampai akhir.

Kelebihan bahasa pascal adalah:

Tipe Data Standar, tipe data yang digunakan familiar juga dibahasa pemrograman yang lain. Sehingga tidak akan terlalu sulit dan tidak harus mengenal lagi tipe data yang baru.
User defined data type, programmer dapat membuat tipe data baru yang merupakan turunan dari tipe data standar yang sudah ada.
Strongly-typed, programmer harus menentukan tipe data dari sebuah variabel dan variabel tersebut tidak dapat diisi oleh tipe data yang lain.
Terstruktur, penulisan program dapat dipecah-pecah menjadi fungsi-fungsi kecil yang dapat dipanggil berulang-ulang.
Sederhana dan Ekspresif, bahasa yang mendekati bahasa manusia ( Bahasa Inggris) sehingga dapat mudah dimengerti.

Minggu, 27 Oktober 2013

Bahasa Pemrograman Delphi



Apa Itu Delphi ?
Delphi adalah sebuah bahasa pemrograman dan lingkungan pengembangan perangkat lunak. Kata Delphi sendiri berasal dari bahasa Yunani yang berarti kuil yang dibangun untuk menyembah Dewa Apollo, salah satu Dewa yang disegani oleh orang-orang Yunani selain Dewa-Dewa lain seperti Jupiter, Titan dan lain sebagainya.
Delphi awalnya sebuah proyek penelitian rahasia di Borland yang berevolusi menjadi sebuah produk yang disebut AppBuilder. Borland sebagai pengembang perangkat lunak yang sudah ada sejak era 1980an menggunakan ikon dan nama Delphi sebagai salah satu perangkat lunak pembantu pemrograman untuk membuat program yang sudah mengarah ke Pemrograman Yang Berorientasi pada Objek atau dikenal dengan istilah OOP (Object Oriented Programming). Salah satu tujuan asli dari Delphi adalah untuk menyediakan konektivitas database untuk programmer sebagai kunci dan sebuah paket database yang populer pada saat itu adalah database Oracle, maka “Jika Anda ingin berbicara dengan Oracle, lakukan dengan Delphi”.

Dalam interface ini program delphi dibagi bagi dalam beberapa interface. Untuk lebih memudahkan, kita akan membahas secara parsial. Ide munculnya Delphi sebenarnya berasal dari bahasa pemrograman yang cukup terkenal, yaitu Pascal. Delphi adalah bahasa pemrograman yabg mempunyai cakupan kemampuan yang luas dan sangat canggih. Berbagai aplikasi dapat dibuat dengan Delphi termsuk aplikasi untuk mengolah teks, grafik, angka database dan aplikasi web. Secara umum kemampuan Delphi adalah menyediakan komponen-komponen dan bahasa pemrograman yang handal. Untuk mempermudah pemrograman dalam membuat program aplikasi. Delphi menyediakan fasilitas pemrograman yang sangat lengkap. Delphi mempunyai lingkungan pemrograman terpadu intregrated Development Environment (IDE). Dengan IDE semua yang diperlikan dalam pengembangan, dalam kondisi normal, semua telah tersedia. Berikut adalah langkah-langkah menjalankan Delphi :

Klik tombol start pada taksbar
pilih program
Pilih borland delphi
klik program delphi 7.0


Mengenal IDE Delphi

Pada dasarnya IDE milik Delphi dibagi menjadi enam bagian utama yaitu :


a. Menu

Menu pada Delphi memiliki kegunaan seperti menu pada aplikasi Windows lainnya. Dari menu ini, Anda bisa memanggil atau menyimpan program, menjalankan dan melacak bug program.

b. Speed Bar

Biasa juga disebut dengan Tool Bar, berisi kimpulan tombol yang tidak lain adalah beberapa menu yang sering digunakan setiap tombol pada Speed Bar menggatikan salah satu item menu.

c. Component Palette

Component Palette berisi kumpulan icon yang melambangkan komponen-komponen pada VCL (Visual component Library) atau CLX (Component Library for Crosa Platform).

d. Form Designer

Sesuai dengan namanya, form designer merupakan tempat di mana Anda dapt merancang jemdela dari aplikasi windows Anda. Perancangan form dilakukan dengan meletakkan komponen-komponen yang diambil dari component palette.

e. Code Editor

Code Editor adalah tempat di mana Anda menuliskan program. Disini Anda meletakkan pernyataan-pernyataan dalam bahasa Object Pascal. Yang perlu dipergatikan pada code Inspector adalah Anda tidak perlu menuliskan seluruh kode sumber.

f. Object Tree view dan Object Inspector

Object Tree View berisi daftar komponn yang telah Anda letakkan pada form designer. Object Inspector digunakan untuk mengubah karakteristik sebuah komponen. Pada object inspector ada dua tabs yaitu Properties dan Events.

Proyek Yang Dikerjakan

Sekarang layar Anda akan ditampilkan sebuah form kosong. Sebelum anda mengubahnya maka simpan terlebih dahulu proyek tersebut. Caranya adalah pilih File¦Save All. Delphi akan menampilkan sebuah kotak dialog yang meminta Anda untuk memasukkan nama unit dari form Anda. Isilah dengan main pass dan klik ‹ok›. Delphi akan kembali menampilkan kotak dialog yang meminta Anda kembali menampilkan kotak dialog yang meminta Anda memasukkan nama proyek. Isilah dengan Projl.dpr dan klik ‹ok›. Setelah menyimpan proyek di hard disk maka akan terbentuk beberapa file yaitu :
a. Projl.dpr, berisi program dari aplikasi.
b. Main.pas, unit yang nantinya digunakan untuk menangani kejadian form.
c. Main.dfm, komponen yang Anda letakkan beserta property-propertinya.
Setelah menyimpan proyek ini, jalankan dengan cara memilih menu Run ¦ Run. Tunggu beberapa saat sampai Delphi selesai mengkompilasi program Anda.


1. Palette Komponen

Palete(Toolbar) ini merupakan tempat untuk meletakkan komponen-kompoenen dalam delphi, bisa dilihat dalam gambar berikut:




komponen palete terdiri dari banyak palet seperti palet standar yang berisi komponen komponen standar seperti button, label (untuk menampilkan huruf) dll

2. Object Treeview














Window ini digunakan untuk melihat komponen apa saja yang digunakan dalam form. Setiap komponen yang berada dalam form akan terlihat disini. Seperti dalam contoh terdapat sebuah komponen button. Jika dalam delphi anda tidak menampilkan window ini maka anda bisa memunculkan dengan klik Window | Object TreeView pada menu bar

3.Object Inspector












Window ini digunakan untuk menampilkan property dari object. Setiap object dalam delphi memiliki properti. Sebagai contoh dalam gambar diatas kita akan melihat properti dari komponen button. Jika dalam delphi anda tidak menampilkan window ini maka anda bisa memunculkan dengan klik Window | Object Inspector pada menu bar

4. Code Editor









Disinilah kita akan menuliskan kode program kita. Secara otomatis delphi akan membuat struktur dari program unit ini, seperti penulisan clausa uses,unit, type dll.

Untuk menampilkan window ini anda bisa klik dua kali pada komponen yang ingin anda isikan kodenya, misalkan pada komponen button. Jalan lain anda bisa menekan F12 pada keyboard anda.


Penjelasan dari code editor:

unit Unit1; //nama unit


interface


uses

Windows, Messages, SysUtils, Variants, Classes, Graphics, Controls, Forms,

Dialogs; //modul modul yang dipakai dalam program, modul ini telah disediakan oleh delphi.


Type //mendeklarasikan type utama, setiap unit paling tidak terdiri dari sebuah type

TForm1 = class(TForm)

Button1: TButton;

procedure Button1Click(Sender: TObject); //procedur dari button jika di klik

Private

Tuliskan disini procedure, variable yang diperlukan yang HANYA bisa diakses oleh unit ini saja

{ Private declarations }

public

Tuliskan disini procedure, variable yang diperlukan yang bisa diakses oleh seluruh unit dalam project.

{ Public declarations }

end;


var

Form1: TForm1;


implementation


{$R *.dfm}

//mulai disinilah anda akan menuliskan kode

procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);

begin

//program yang akan dijalankan ketika button 1 di klik

end;

end.


5. Form Designer










Jika code editor digunakkan untuk ‘mendesain’ code yang diketikkan, maka form designer digunakan untuk mendisign tampilan dari aplikasi yang akan kita buat. Ketika delphi di load (dibuka) maka anda akan diberikan sebuah form kosong. Terlihat dalam contoh sebuah form dengan sebuah komponen tombol.


Karaterstik Pemrograman Delphi 7.0

1. Tidak Case Sensitive

Pemrograman delphi tidak case sensitive, artinya delphi tidak membedakan huruf besar dan huruf kecil.

2.Object Based

Delphi merupakan pemgraman berorientasi object, artinya hampir seluruhnya merupakan object. Seperti button yang merupakan komponen turunan dari object dengan nama TObject. Object ini merupakan object utama dalam delphi. Hampir semua komponen diturunkan dari object ini. Dari turunan object pun kita bisa menurunkan object lain, misalkan kita membuat komponen yang diturunkan langsung dari button, maka komponen buatan kita memiliki properti yang sama dengan object diatasnya yaitu button. Ilustarinya seperti berikut:

Tobject

àTButton

àTmyPrivatButton

Sebagai standarisari saja, penulisan class (object) harus diawali dengan huruf T, misalkan TmyButton

3.Pemrograman Delphi

Pemrograman delphi merupakan pengembangan dari pemrograman bahasa pascal, sehingga bahasanya hampir mirip, tatapi memiliki kelebihan yang sangat banyak, seperti tipe data yang lebih fleksibel dan besar.

4.Modularitas

Setiap aplikasi yang kita buat dengan delphi akan memiliki banyak sekali file modul yang terpisah. Bisa kita lihat pada clausa uses pada setiap unit, misalkan dalam contoh kita kali ini, kita menggunakan modul form, window, dll. Tetapi dalam pengembangan yang lebih lanjut kita bisa membuat modul khusus untuk aplikasi kita, misalnya modul .dll


Standarisasi penulisan varibale

Sebenarnya tidak ada aturan yang jelas, tetapi penggunaan standarisai ini hanyalah untuk memudahkan ketika kita bekerja dalam team work

Selalu menggunakan kata yang singkat dan mencerminkan tipe datanya, misalkan variable str untuk tipe data string.
Gunakan bahasa inggris.
Jika variable bersifat global untuk unit tersebut saja maka pendeklarsikan dalam statement privat.
Jika variable bersifat global untuk semua unit maka pendeklarsikan dalam statement public.


Contoh pemgraman delphi 7.0

Sebagai contoh kita akan membuat program sederhana untuk menampilkan angka. Jika angka diantara 1-5 maka akan tampil pesan ‘Low’, Jika 6-9 maka akan tampil pesan ‘High’, Jika lebih besar dari kategori atau lebih kecil dari kategori maka akan ditampilkan pesan ‘Out of range’.

1.Buat Aplikasi baru, File | New |Application
2.taruh 1 komponen edit dan 1 komponen button ke dalam form
3.klik double buttonnya, maka anda akan mendapatkan kode editor. Kemudian tulis kodenya seperti berikut:

var

i:integer;

begin

i:=strtoint(edit1.Text);

case i of

1..5:ShowMessage(‘Low’);

6..10:ShowMessage(‘High’);

0,11..99:ShowMessage(‘Out of range’);

end;

end;

Jalankan program dengan menu run | run atau F9
Untuk mengkompile (menjadikan file exe) dengan menjalankan menu project | Compile all Project
lalu jalankan, selamat mencoba.

Bahasa Pemrograman Java

Java adalah bahasa pemrograman berorientasi objek yang dikembangkan oleh Sun Microsystems sejak tahun 1991. Bahasa ini dikembangkan dengan model yang mirip dengan bahasa C++ dan Smalltalk, namun dirancang agar lebih mudah dipakai dan ­ber-platform independent, yaitu dapat dijalankan di berbagai jenis sistem operasi dan arsitektur komputer­­. Bahasa ini juga dirancang untuk pemrograman di internet sehingga dirancang agar aman dan portabel.
Pemrograman berorientasi objek adalah teknik untuk mengorganisasi program dan dapat dilakukan dengan hampir semua bahasa pemrograman. Namun Java telah mengimplementasikan berbagai fasilitas agar seorang pemrogram dapat mengoptimalkan teknik pemrograman berorientasi objek. Selain itu, Java juga memiliki fasilitas perpustakaan (library) yang luas untuk memudahkan pemrogram membuat aplikasi yang diinginkan.

Karakteristik Java
Java memiliki karakteristik yang diantaranya adalah sebagai berikut:

Sederhana
Bahasa pemrograman Java menggunakan sintaks mirip dengan C++ namun sintaks pada Java telah banyak diperbaiki terutama menghilangkan penggunaan pointer yang rumit dan pewarisan majemuk (multiple inheritance). Java juga menggunakan automatic memory allocation dan memory garbage collection yaitu sistem pengalokasian memori dan pengumpulan sampah otomatis untuk membebaskan memori yang tidak terpakai lagi.

Berorientasi objek
Java merupakan pemrograman berorientasi objek yang membuat program dapat dibuat secara modular dan dapat dipergunakan kembali. Pemrograman berorientasi objek memodelkan dunia nyata ke dalam objek dan melakukan interaksi antar objek-objek tersebut.
Terdistribusi: Java dibuat untuk membuat aplikasi terdistribusi secara mudah dengan adanya libraries networking yang terintegrasi pada Java.

Terinterpretasi
Program Java dijalankan menggunakan interpreter yaitu Java Virtual Machine (JVM). JVM merupakan aplikasi sederhana yang ditulis dalam bahasa C untuk mengeksekusi program yang ditulis dalam bahasa Java. JVM mengubah kode sumber (source code) Java yang telah dikompilasi menjadi Java bytecodes sehingga dapat dijalankan pada platform yang berbeda-beda.

Kokoh (robust)
Java mempunyai reliabilitas atau keandalan yang tinggi. Compiler pada Java mempunyai kemampuan mendeteksi eror secara lebih teliti dibandingkan bahasa pemrograman lain. Java mempunyai runtime-Exception handling untuk membantu mengatasi eror atau kesalahan pada pemrograman.

Aman
Java sebagai bahasa pemrograman untuk aplikasi internet dan terdistribusi, memiliki beberapa mekanisme keamanan untuk menjaga aplikasi tidak digunakan untuk merusak sistem komputer yang menjalankan aplikasi tersebut.

Berarsitektur netral
Program Java merupakan independent platform. Program cukup mempunyai satu buah versi yang dapat dijalankan pada platform berbeda dengan Java Virtual Machine.

Portabel
Kode sumber (source code) maupun program Java dapat dengan mudah dibawa ke platform yang berbeda-beda tanpa harus dikompilasi ulang.

Berkinerja Tinggi
Java dapat melakukan optimasi pada byte code dengan baik sehingga eksekusi program dapat dilakukan dengan cepat.

Berkas berganda (multi-threaded)
Berkas yang dimaksud di sini yaitu bahwa Java mempunyai kemampuan untuk membuat suatu program yang dapat melakukan beberapa pekerjaan sekaligus secara simultan.

Dinamis
Java didesain untuk dapat dijalankan pada lingkungan yang dinamis. Perubahan pada suatu class dengan menambahkan properties ataupun method dapat dilakukan tanpa menggangu program yang menggunakan class tersebut.


Kelebihan Java
Kelebihan utama dari Java diantaranya ialah:
Program Java merupakan program yang bersifat muti-platform. Program Java dapat dijalankan di beberapa platform atau sistem operasi komputer. Dengan kelebihan ini pemrogram cukup menulis sebuah program Java dan dikompilasi sekali lalu hasilnya dapat dijalankan pada beberapa platform tanpa perubahan. Platform yang didukung sampai saat ini adalah Microsoft Windows, Linux, Mac OS dan Sun Solaris.
Java berbasis OOP (Object Oriented Programming) - Pemrograman berorientasi objek yang artinya semua aspek yang terdapat di Java adalah objek. Java merupakan salah satu bahasa pemrograman berbasis objek secara murni. Semua tipe data diturunkan dari kelas dasar yang disebut object. Hal ini sangat memudahkan pemrogram untuk mendesain, membuat, mengembangkan dan mengalokasi kesalahan sebuah program dengan basis Java secara cepat, tepat, mudah dan terorganisasi.

Java memiliki perpustakaan kelas (class library) yang lengkap - Java mempunyai kelengkapan perpustakaan (library), yaitu kumpulan program-program yang disertakan dalam pemrograman Java yang memudahkan dalam penggunaan oleh para pemrogram untuk membangun aplikasinya.
Java merupakan bahasa pemrograman yang bergaya C++. Java memiliki sintaks seperti bahasa pemrograman C++ sehingga menarik banyak pemrogram C++ untuk pindah ke Java. Saat ini pengguna Java sangat banyak, sebagian besar adalah pemrogram C++ yang pindah ke Java.
Pemrograman Java memiliki pengumpulan sampah otomatis (automatic garbage collection), memiliki fasilitas pengaturan penggunaan memori sehingga para pemrogram tidak perlu melakukan pengaturan memori secara langsung (seperti halnya dalam bahasa C++ yang dipakai secara luas).


Struktur Pemrograman Java
Bahasa pemrograman java, merupakan bahasa pemrograman yang diturunkan dari C. Sehingga, sebagian besar syntax-nya hampir mirip dengan C. Dalam bahasa Java juga dikenal sangat case sensitive, sehingga besar kecilnya huruf yang kita ketikkan ke dalam program dapat mempengaruhi program itu sendiri. Java yang sudah disusun menggunakan OOP murni, yaitu pada setiap program harus memiliki sebuah class juga dapat disusun menjadi program procedural. Jadi, supaya benar- benar menjadi program yang berbasis OOP kita harus mengenal struktur java terlebih dahulu. Struktur bahasa pemrograman java, terdiri atas 3 layer (lapisan). Yaitu :
Package, yaitu suatu pengelompokan class-class dalam satu paket agar mudah digunakan. Suatu package dapat memiliki satu atau lebih subpackage sehingga dapat membentuk suatu hierarki.
Import, yaitu suatu deklarasi yang digunakan untuk menunjukkan nama package yang digunakan dalam suatu program java. Import juga memiliki hierarki seperti package.
Class, yaitu merupakan ciri utama program java. Class adalah inti dari program dengan ekstensi  Dalam program java, nama suatu class harus sama dengan nama file *.java tersebut. Misal terdapat program hello.java, maka nama class tersebut harus menjadi class hello{}. Class terdiri dari :

Nama class
Variabel
konstruktor
Method

Berikut ini adalah gambar dari struktur pemrograman Java:


Sekilas Tentang Hacking dan Phreaking

Hacking dan Phreaking ialah 2 sebutan saja atau 2 buah istilah saja yang masing-masing tujuannya sama yaitu agar sipelaku bisa masuk ke dalam suatu sistem dengan cara yang tidak semestinya atau cara yang tidak sah dengan membawa maksud dan tujuan tersendiri.
Dalam ber’hacking atau ber’phreaking, setidaknya harus memiliki aturan-aturan yang walaupun sifat dari aturan ini tidak mengikat dan tidak berdasar hukum atau bersifat relatif.

Tapi setidaknya dengan aturan-aturan ini, anda para User yang berminat berkelana lebih jauh bisa membatasi diri agar tidak merugikan orang lain, tidak merugikan instansi lain, dan tentu saja jangan sampai hal-hal hacking itu bisa merugikan diri anda sendiri terlebih keluarga anda.
Pada zaman sekarang ini, kalimat “Hacking” sepertinya sudah mulai biasa terdengar di kalangan User PC terutama berbicara Security PC. Kata “Hacking” sendiri lebih banyak dikenal masyarakat maya dengan sentimen yang negatif dikarenakan sifat dari Hacking ini lebih banyak yang bersifat merusak. Dan mulai lebih terkenal lagi atau naik pamornya di Indonesia, tepatnya saat PEMILU yang lalu dimana situs KPU di deface oleh Hacker lokal.

Mengapa harus Hacking & Mengapa harus Phreaking ?
Benar juga…kenapa harus hacking atau phreaking ? Suatu pertanyaan yang bagus untuk ditanyakan oleh anda yang sebenarnya belum berminat di dunia Hacking ini dan belum tahu tujuan untuk apa hacking itu. Suatu pertentangan negatif lagi, saat bicara soal hacking dan juga banyak pihak yang masih salah kaprah dan juga masih banyak para pakar-pakar komputer yang masih melarang-larang agar kita tidak usah menjadi hacker.

Emang sih, kata hacking/hacker cukup disegani, ini dikarenakan contoh-contoh kasus perbuatan dari para hacker sendiri yang cukup banyak yang bercorak negatif dan juga jarangnya informasi yang dimana informasi itu menceritakan suatu perbuatan baik dari para hacker.

Hacking ibarat pisau, bisa digunakan untuk yang baik untuk memotong sayur dan bisa juga yang salah yaitu menusuk orang. Disini kembali lagi pada faktor manusianya, dimana dia sebagai seorang hacker menggunakan kemampuannya itu untuk hal yang baik atau hal yang buruk.

Untuk apa Hacking, apakah berguna ?
Mengenai permasalahan berguna atau tidak, kembali ke siapa pihak itu. Kata hacking tentu saja akan lebih berguna bagi mereka yang berkecimpung di dunia komputer. Hacking tentu saja tidak berguna jika kita berbicara hacking pada seorang supir taxi, atau mungkin berbicara hacking pada orang yang bekerja sebagai satpam supermarket.
Hacking adalah pengetahuan, memperoleh pengetahuan dan berbagi pengetahuan ialah kunci kebebasan ilmu pengetahuan dan juga belajar untuk mengenal lebih jauh agar tidak terbelenggu dengan kemajuan teknologi yang semakin hari semakin cepat berkembangnya. Hacking sendiri sebenarnya juga merupakan suatu bentuk peningkatan usaha belajar, dan dimana sifat pembelajaran itu mulai naik dan naik lagi sampai ke taraf level internasional dan berkompetensi untuk meningkatkan standar pengetahuan dalam dirinya. Dimana level kompetensi internasional itu dapat dilakukan di suatu dunia yang bernama Internet.

Hacking
Hacking adalah suatu tindakan memasuki suatu sistem orang lain secara tidak sah untuk dapat mengetahui bahkan mempelajari segala jenis kegiatan dan cara kerja dari sistem yang dia masuki itu. Itu pengertian singkatnya. Ada yang mau nambah ?

Aturan-aturan Hacking :
Jangan pernah menghancurkan atau merusak suatu sistem orang lain. Ini cuma akan membuatmu dalam masalah dan tidak berguna merusak sesuatu milik orang lain. Dosa tau !!!
Jangan merubah setting file atau system file manapun, kecuali kamu melakukannya untuk hal supaya kamu tidak bisa terdeteksi. Dan hal itu dapat menjamin kamu supaya bisa masuk ke sistem itu lagi di suatu hari nanti.
Jangan berbagi informasi tentang suatu proyek hacking yang sedang kamu lakukan atau yang sedang kamu rencanakan kepada orang lain. Hal ini bisa saja membahayakan kamu dan dia, bila ingin bekerja sama pilihlah partner sesuai hati nuranimu dan itu resikomu.
Bila ingin berbagi suatu proyek hasil hacking’mu kepada publik, itu sah-sah saja tapi implementasinya tidak 100%. Kamu harus hati-hati mempresentasikan proyekmu yang berhasil itu dengan sedikit samar-samar agar tidak terkena hukum, karena proyekmu itu pasti sudah dalam pengawasan hukum.
Jangan pernah menggunakan nama asli ataupun nomor telepon yang asli saat kamu ingin berbagi proyek hackingmu itu kepada media umum/publik, walaupun kamu bermaksud baik.
Jangan pernah meninggalkan suatu sistem yang pernah kamu hack itu. Kecuali untuk tantangan yang lebih baru dan lebih asyik.
Jangan pernah meng’hack sistem komputer milik pemerintah.
Jangan sekali-kali berbicara hacking saat kau menggunakan telepon rumahmu.
Jadilah seorang yang penakut untuk berjaga-jaga. Simpan atau amankan semua benda-benda atau peralatan hackingmu ditempat yang aman.
Untuk jadi hacker yang sebenarnya, kau perlu menghack (praktek lapangan). Berkelana di dunia Internet Kamu tidak bisa hanya duduk dan membaca puluhan buku hacking atau puluhan dokumen file hacking yang kamu dapatkan dari Internet. Itu semua bukanlah yang dinamakan hacking yang sebenarnya.
Jika ingin disebut Hacker yang bermoral baik, anda bisa mencoba meng’hack puluhan bahkan ratusan situs-situs porno yang ada di Internet. Dimana situs-situs porno tersebut adalah bersifat negatif dan merusak mental serta moral anak negeri.

Phreaking
Phreaking adalah praktek hacking menggunakan telepon, atau mempergunakan media telepon atau peralatan telepon agar si pelaku bisa masuk ke sistem tersebut. Di negara kita phreaking ini belum begitu
populer dilakukan.
Sifat dari phreaking ini sebenarnya akan sangat berhasil bila dikombinasikan dengan teknik Social Engineering adalah bersifat menipu lewat percakapan ditelepon agar dia bisa diberikan izin akses langsung dari si pemilik/si pengelolah sistem ke sistem yang dituju tersebut.
Contoh Phreaking dikombinasikan Social Engineering ; Sudah 14 hari anda melakukan hacking tapi sayang tidak berhasil, selanjutnya anda menelpon dan minta izin masuk ke server itu seolah-olah anda adalah bos dari kantor pusat di Jakarta yang sedang mencari data perusahaan dan dia mematuhi anda dan segera memberikan anda izin untuk masuk ke server itu,…selanjutnya cling, anda sukses.

Aturan-aturan Phreaking :
Jangan menggunakan telepon rumahmu untuk hal yang ini.
Janglahlah berbicara mengenai suatu proyek phreaking ditelepon rumahmu.
Jangan gunakan nama aslimu saat phreaking.
Berhati-hatilah kepada siapa kamu menceritakan proyek phreaking’mu itu.
Jangan sampai terlihat benda-benda untuk phreaking’mu itu. Simpanlah ditempat aman.
Jangan sampai tertangkap atau tersadap.
Lain-lain…

Cracking Software adalah juga sebuah pembelajaran mengenai mempelajari sistem cara kerja suatu software dan memodifikasinya sesuai selera kita. Tapi dalam hal ini, cracking software lebih banyak berbau negatif. Ini dikarenakan cracking tersebut hasilnya lebih banyak dialokasikan untuk pembajakan software dimana yang sangat dirugikan disini adalah sang pembuat software tersebut. Coba saja jikalau anda yang bersusah-susah payah membuat sebuah software program selama waktu 5 bulan, dan dimana software program tersebut untuk anda jual tetapi anda malah tidak mendapatkan keuntungan maximal dikarenakan software anda itu dibajak dan hal itu tidak menghargai usaha anda.

Carding singkatnya adalah pencurian nomor kartu kredit orang lain yang kemudian dengan uang orang lain itu, kita pergunakan sesuka kita. Singkatnya = mencuri uang orang untuk kita belanjakan.
Sungguh hal paling menyedihkan dari segala jenis bentuk hacking atau cracking. Mencuri uang hasil kerja milik orang lain.
Anda suka mencuri uang orang ?..gimana jika uang anda sendiri yang dicuri orang lain, suka nggak ?

Pengertian Secure Shell atau SSH

Secure Shell atau SSH adalah protokol jaringan yang memungkinkan pertukaran data melalui saluran aman antara dua perangkat jaringan. Terutama banyak digunakan pada sistem berbasis Linux dan Unix untuk mengakses akun shell, SSH dirancang sebagai pengganti Telnet dan shell remote tak aman lainnya, yang mengirim informasi, terutama kata sandi, dalam bentuk teks sederhana yang membuatnya mudah untuk dicegat. Enkripsi yang digunakan oleh SSH menyediakan kerahasiaan dan integritas data melalui jaringan yang tidak aman seperti Internet.


Pada tahun 1995, Tatu Ylönen, seorang peneliti di Helsinki University of Technology, Finlandia, merancang versi pertama protokol (sekarang disebut SSH-1) karena didorong oleh peristiwa serangan pembongkaran sandi di jaringan universitas. Tujuan dari pembuatan SSH adalah untuk menggantikan fungsi rlogin, TELNET, dan rsh protokol, yang tidak memberikan otentikasi kuat atau menjamin kerahasiaan. Ylönen merilis SSH sebagai freeware pada bulan Juli 1995, dan tool tersebut berkembang dengan cepat untuk mendapatkan popularitas. Menjelang akhir 1995, basis pengguna SSH telah tumbuh hingga 20.000 pengguna di lima puluh negara.
Pada bulan Desember 1995, Ylönen mendirikan SSH Communications Security untuk memasarkan dan mengembangkan SSH. Versi asli dari software yang digunakan SSH adalah berbagai potongan perangkat lunak bebas, seperti GNU libgmp, tetapi versi yang dikeluarkan oleh Secure SSH Communications semakin berkembang menjadi perangkat lunak berpemilik.
Pada tahun 1996, sebuah versi revisi protokol dirancang, SSH-2, yang tidak cocok dengan SSH-1. Fitur SSH-2 mencakup kedua fitur keamanan dan peningkatan perbaikan atas SSH-1. Keamanan yang lebih baik, misalnya, datang melalui algoritma pertukaran kunci Diffie-Hellman dan pemeriksaan dengan integritas yang kuat melalui kode otentikasi pesan. Fitur baru dari SSH-2 mencakup kemampuan untuk menjalankan sejumlah sesi shell melalui satu koneksi SSH.
Pada tahun 1998 ditemukan kerentanan yang digambarkan dalam 1,5 SSH sehingga memungkinkan masuknya konten yang tidak sah ke dalam aliran data SSH terenkripsi karena integritas data tidak mencukupi perlindungan dari CRC-32 yang digunakan dalam protokol versi ini. Sebuah perbaikan (SSH Compentation Attack Detector) diperkenalkan ke dalam banyak implementasi.
Pada tahun 1999, pengembang menginginkan versi perangkat lunak bebas untuk tersedia kembali seperti rilis 1.2.12, yang lebih tua dari program ssh asli, yang terakhir dirilis di bawah lisensi open source. OSSH Björn Grönvall ini kemudian dikembangkan berdasarkan basis kode ini. Tak lama kemudian, para pengembang OpenBSD menggunakan kode Grönvall untuk melakukan pengembanga yang lebih luas di atasnya, sehingga terciptalah OpenSSH, yang dimasukkan dalam rilis OpenBSD 2.6. Dari versi ini, sebuah cabang "portable" dibentuk untuk dapat memportingkan OpenSSH pada sistem operasi lain.
Diperkirakan, sejak tahun 2000, terdapat lebih dari 2.000.000 pengguna SSH.
Pada tahun 2005, OpenSSH adalah satu-satunya aplikasi ssh yang paling populer, yang diinstal secara default dalam sejumlah besar sistem operasi. Sementara itu, OSSH telah menjadi usang.
Pada tahun 2006, protokol SSH-2 yang telah disebutkan di atas, diusulkan untuk menjadi Standar Internet dengan penerbitan oleh IETF "secsh" work group dari RFC (lihat referensi).
Pada tahun 2008 sebuah kelemahan kriptografi ditemukan pada SSH-2 yang memungkinkan pengambilan sampai 4 byte plaintext dari aliran data SSH tunggal di bawah kondisi khusus. Namun hal ini telah diperbaiki dengan mengubah mode enkripsi standar OpenSSH 5,2.

Rabu, 09 Oktober 2013

ISTILAH KEPARIWISATAAN #2

Istilah-istilah Dalam Kepariwisataan

1. Hotel/Hotel: tempat untuk menginap sejenis kamar tidur yg identik berkelas.
2. Restoran/Restaurant : suatu tempat makan yang biasanya identik mewah dan besar yang di dalamnya menyediakan berbagai jenis hidangan makanan.
3. Reservasi/Reservation : Reservasi adalah suatu proses permintaan pemesanan kamar dan fasilitas lain yang diinginkan oleh calon tamu untuk periode tertentu.
4.Rekreasi/Recreation: Suatu keinginan untuk mengunjungi salah satu objek wisata yang biasanya bertujuan untuk menenangkan diri ataupun sekedar bersenang -  senang ( refreshing ).
5. Diving : kegiatan menyelam didalam laut biasanya bertujuan untuk melihat dan menikmati keindaha bawah laut.
6. Snorkeling : kegiatan berenang atau menyelam dengan mengenakan peralatan berupa masker selam dan snorkel. Selain itu, penyelam sering mengenakan alat bantu gerak berupa kaki katak (sirip selam) untuk menambah daya dorong pada kaki.
7. Dormitory : tipe kamar yang ada dan disediakan di hostel. Biasanya penghuni dormitory diisi beberapa orang yang belum kenal. Dormitory diisi 4 sampai 10 orang dalam ruangan yang sama. Dormitory harus menaati peraturan yang sangat tinggi, seperti tidak merokok atau membuat kegaduhan. Dormitory sangat diminati juga populer dikalangan backpaker karena harganya yang lebih murah.
8. Hostel : hostel adalah sejenis tempat menginap akan tetapi perbedaannya adalah fasilitas didalamnya digunakan secara bersama-sama oleh penggunanya, seperti kamar mandi, dapur dan ruang tamu. Kelebihannya diantaranya adalah penghuni hostel punya kesempatan untuk lebih bersosialisasi dengan tamu lain. Bukan hanya dormitory saja yang menyediakan kamar privat layaknya hotel.
9. Homestay : adalah rumah biasa yang sebagian kamarnya disewakan kepada tamu, namun tamu yang menginap akan tinggal dalam jangka waktu lama.homestay sering diikuti oleh pelajar asing guna mempelajari kebudayaan setempat.
10. Motel : hotel yang di desain yang lokasinya biasanya ada di pinggir jalan raya dan menyediakan tempat parkir luas untuk tamunya. Motel biasanya digunakan sebagai tempat istirahat sebelum penghuni melanjutkan kembali perjalanannya.

ISTILAH KEPARIWISATAAN #1

ISTILAH KEPARIWISATAAN

1. ETA (Estimate Time Arrival): Perkiraan waktu kedatangan suatu penerbangan
2. ETD (Estimate Time Departure): Perkiraan waktu keberangkatan suatu penerbangan
3. Extra bed: tempat tidur tambahan
4. Full board: Suatu hotel yang menyediakan penginapan termasuk didalamnya memberi konsumsi (Makan Pagi, Siang dan makan malam) kepada tamunya selama menginap di hotel tersebut.
5. Full Day Tour: Suatu tour yang berlangsung dalam satu hari penuh.
6. Go Show: Istilah ini lebih sering di artikan sebagai seseorang yang datang langsung ke Bandara untuk mendapatkan tiket penerbangan tanpa pemesanan sebelumnya
7. Group rates: Harga kamar suatu hotel yang diperuntukkan bagi suatu rombongan yang datang secara bersama-sama dalam suatu kelompok.
8. Origin: Daerah asal wisatawan
9. Over Flow Rates: Harga kamar yang sifatnya khusus terutama pada tamu yang dikirim oleh hotel lain, karena hotel yang bersangkutan sedang penuh.
10. Runway: Landasan Pacu Pesawat